Maria sunarto's Blog

Just another WordPress.com weblog

Ini khasiat menakjubkan dari buah jamblang!

Leave a comment


 

Reporter : Destriyana | Jumat, 17 April 2015 05:35

Ini khasiat menakjubkan dari buah jamblang!

Ilustrasi buah jamblang. ©2015 Merdeka.com/Flickr/ens tamp

Merdeka.com – Syzygium cumini adalah nama ilmiah dari buah duwet atau jamblang. Jamblang adalah buah asli dari Bangladesh, India, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, Malaysia, Filipina, dan Indonesia. Kira-kira apa ya khasiatnya bagi kesehatan? Berikut adalah hasil rangkuman kami dari WebMD tentang khasiat buah jamblang bagi tubuh. Yuk simak bersama!

1. Obat diabetes

Jamblang juga sering digunakan untuk mengobati diabetes. Buah ini memiliki indeks glikemik rendah, yang membuatnya jadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Complement Ther Med tentang efek anti-diabetes dari buah jamblang, menunjukkan bahwa buah ini memiliki potensi yang signifikan untuk pengobatan diabetes.

Studi lain menunjukkan bahwa benih jamblang bisa menurunkan kadar gula darah sebesar 30 persen. Buah ini juga dikaitkan dengan penurunan risiko komplikasi sekunder diabetes.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh dan menguatkan tulang

Buah ini juga memiliki banyak nutrisi seperti kalsium, zat besi, kalium dan vitamin C, yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kekuatan tulang.

3. Membantu meningkatkan hemoglobin

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Annamalai, buah yang kaya akan vitamin C dan zat besi ini dapat membantu meningkatkan hemoglobin dan mengobati anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi dan kekurangan vitamin C.

4. Mencegah penyakit jantung

Jamblang sarat akan nutrisi seperti asam ellagic/ellagitannins, anthocyanin dan anthocyanidins yang membuatnya memiliki sifat anti-inflamasi. Buah ini juga mengandung antioksidan yang kuat, yang dapat mencegah oksidasi kolesterol dan plak formasi yang berkontribusi terhadap peningkatkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, buah ini juga merupakan sumber kalium (100 gram buah jamblang mengandung 55 mg kalium) yang dapat membantu mencegah hipertensi, faktor risiko untuk penyakit jantung.

5. Mencegah kanker

Beberapa studi telah menyelidiki sifat chemoprotective dari jamblang. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Jagetia GC dan rekannya, ekstrak dari buah jamblang memiliki sifat radioprotective, yang menunjukkan bahwa ekstrak jamblang mampu menghambat radiasi yang disebabkan generasi radikal bebas yang dapat memicu kanker.

Inilah khasiat menakjubkan dari buah jamblang yang belum banyak diketahui.

Baca juga:
7 Alasan sehat untuk lebih banyak makan buah pir
Ini khasiat ajaib kenitu bagi kesehatan!
8 Khasiat buah cermai yang mengejutkan
Segar dan manisnya mangga siap sehatkan tubuh
Jokowi perintahkan Menteri Susi utamakan budidaya rumput laut
6 Manfaat jambu merah untuk ibu hami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s