Maria sunarto's Blog

Just another WordPress.com weblog

Soal Surat Terbuka, Akbar Faisal: Pemerintahan Ini Dirancang Orang dari Desa bukan dari Harvard

Leave a comment


6 April ,2015

FASTNEWS, Jakarta (5/4) – Ketua DPP Partai Nasional Demokrat (NasDem), Akbar Faisal mengatakan, harusnya mereka yang berkeringat dan lulusan dalam negeri, yang diutamakan. Karena, Tim Transisi yang dibentuk untuk merancang kerja Jokowi-JK, adalah buah karya lulusan dalam negeri

Kita mendewa-dewakan dari luar apa. Rancangan pemerintah ini bukan dibuat dari Harvard," kata Akbar di Jakarta, Minggu (5/4) soal latar belakang Surat Terbuka yang ditujukan kepada Kepala Staf Kepresidenan Luhut B Panjaitan yang rela menunggu lulusan Harvard sebagai Deputi yang bakal membantunya di Bina Graha.

Lebih lanjut Akbar mengatakan, surat yang beredar itu, bukan karena ingin menjatuhkan pemerintah. Akbar menegaskan, secara pribadi tetap ingin pemerintah berjalan sukses, dan siap mengawalnya. Akan tetapi, dia ingin agar pemerintah berada pada rel awal pembentukan. Apalagi, program-program Nawacita Jokowi, sangat mengedepankan kemandirian lokal dan penghargaan terhadap bangsa sendiri. "Pemerintah ini dirancang oleh orang yang dari desa," kata Akbar.

Sebelumnya beredar surat yang dituliskan mantan Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, Akbar Faizal, di situs jejaring sosial yang ditujukkan kepada Yanuar Nugroho, salah satu Deputi Kepala Staf Kepresidenan yang baru saja dilantik. Yanuar dikenal sebagai seorang intelektual lulusan Manchester University, Inggris.

Dalam suratnya, Akbar menyidir dipilihnya orang-orang lulusan luar negeri yang justru tidak ada kaitannya dengan pemenangan Jokowi-JK sebagai Deputi Staf Kepresidenan. Deputi ini berada di bawah Kepala Staf Kepresidenan Luhut Panjaitan.

Akbar, yang saat kampanye Pemilu Presiden 2014 adalah Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, mengkritisi Luhut yang lebih memilih lulusan universitas luar negeri untuk masuk di pemerintahan, ketimbang produk lokal yang justru sukses memenangkan Jokowi.

Akbar yang kini duduk di Komisi III DPR ini mengaku, sebenarnya yang beredar itu bukanlah surat terbuka. "Itu diskusi di grup tertutup, internal. Bukan untuk terbuka," kata Akbar.

Akbar mengatakan, pernyataan dia itu sebenarnya untuk diskusi di grup itu saja. Karena di dalam grup itu, juga ada beberapa kepala lembaga negara. "Ada tujuh menteri (kabinet kerja)," sambung Akbar.

Dia mengatakan, tidak ada niat mengedarkan. Namun, dia menyayangkan ada pihak yang membocorkan itu. Seharusnya, kata dia, ada filter mana yang harusnya untuk privat, mana yang memang bisa publik ketahui.

Akbar mengatakan, tulisan itu lahir karena kekecewaannya terhadap Luhut, yang memilih menunggu lulusan Harvard University, untuk masuk di tim Presiden Joko Widodo. Salah satu lulusan luar negeri, yang dalam surat Akbar itu, adalah Yanuar Nugroho.

Dalam surat Akbar Faisal itu dikatakan, bahwa kerja tim Jokowi-JK tidak ada lulusan luar negeri. Yang kerja, hanya dirinya yang lulusan IKIP Ujung Pandang (Makassar), Rieke Diah Pitaloka lulusan UI, Teten Masduki yang lulusan Bandung, hingga Andy Widjajanto lulusan UI. Tetapi, kata Akbar masih dalam surat itu, mereka mampu meyakinkan rakyat Indonesia untuk memilih Jokowi-JK. Sementara Luhut, masih dalam surat Akbar itu, lebih banyak di kantor dan berkoordinasi via telepon atau mengundang pihak lain.(FN-04)

– See more at: http://fastnewsindonesia.com/article/soal-surat-terbuka-akbar-faisal-pemerintahan-ini-dirancang-orang-dari-desa-bukan-dari#sthash.0m9S9sAF.dpuf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s