Maria sunarto's Blog

Just another WordPress.com weblog

Risma Masuk 50 Pemimpin Terbaik Dunia Versi Majalah Fortune

Leave a comment


 

Friday, 27 March 2015, 12:01 WIB

Komentar : 4

Antara/Zabur Karuru

Walikota Surabya Tri Rismaharini menata bunga di halaman Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (12/3).

Walikota Surabya Tri Rismaharini menata bunga di halaman Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (12/3).

A+ | Reset | A-

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Kiprah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kembali mengharumkan nama Indonesia di panggung dunia. Setelah awal Februari 2015 lalu dinobatkan sebagai wali kota terbaik ketiga dunia versi World Mayor Project (WMP), kali ini Rima masuk dalam jajaran 50 pemimpin terbaik versi majalah Fortune.
Nama wali kota perempuan pertama di Surabaya itu menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang bersanding dengan nama-nama pesohor dunia, seperti dilansir laman fortune.com. Deretan 50 pemimpin terbaik dunia ditempati para tokoh ternama dari berbagai bidang, mulai dari sektor bisnis, pemerintahan, hiburan, olahraga dan tokoh agama.
Posisi pertama diberikan pada CEO Apple Tim Cook. Cook dinilai berhasil memertahankan pencapaian Apple sepeninggal Steve Jobs. Urutan kedua dan ketiga, masing-masing diisi oleh Presiden European Central Bank Mario Draghi dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.
Masih berdasar daftar tersebut, nama Risma menduduki posisi ke-24. Sang wali kota yang terkenal tegas itu mengungguli pendiri Facebook Mark Zuckerberg di urutan ke-25.
Selain tokoh-tokoh tersebut, beberapa nama kondang lainnya di antaranya, pemuka agama Paus Fransiskus (4), penyanyi Taylor Swift (6), pebasket Lebron James (31) dan pembawa acara Tonight Show Jimmy Fallon.
“Terpilih sebagai Wali Kota Surabaya pada 2010, Rismaharini mengubah kota berpenduduk 2,7 juta jiwa menjadi kota metropolis baru di Indonesia yang fokus pada ruang terbuka hijau (RTH) dan pelestarian lingkungan. Kota yang sebelumnya terkenal dengan polusi dan kepadatannya, kini dipercantik dengan 11 taman asri dan RTH lainnya. Dalam beberapa hal, bahkan kompleks pemakaman dikembangkan dan didesain ulang agar lebih menyerap air dan mengurangi banjir,” demikian tulis Fortune dalam profil Tri Rismaharini di websitenya, seperti disampaikan dalam siaran pers tertulis yang diterima wartawan dari Humas Pemkot Surabaya.
Senior Editor Fortune Geoff Colvin mengatakan, saat ini pemerintahan sedang jatuh, perusahaan dibawah status siaga, dan institusi berpengalaman kehilangan pengaruhnya. “Bagaimana Anda memimpin pada masa dimana semua orang adalah agen bebas, mengikuti tujuannya sendiri? Kami telah menemukan 50 pelajaran hidup,” tulisnya.
Colvin menambahkan, rakyat di mana pun masih mendambakan figur pemimpin yang jujur terhadap tantangan yang mereka hadapi bersama. Mereka menginginkan pemimpin yang menunjukkan keberanian dan melihat harapan. “Pesan itulah yang diusung oleh dua walikota yang ada dalam daftar kami, yakni Walikota Detroit Mike Duggan dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini,” uajr dia.
Sebagai informasi, Fortune adalah media terkemuka yang berbasis di Amerika Serikat. Media yang didirikan Henry Luce pada 1929 ini mengambil segmentasi bisnis global.

TAGS#risma masuk 50 pemimpin dunia #wali kota surabaya tri rismaharini

Reporter : Andi Nurroni

Redaktur : Karta Raharja Ucu

Berita Terkait:

NasDem: Belum Ada Calon Wali Kota Surabaya yang Lampaui Risma

Tri Rismaharini Pamer Air Mancur ke Sejumlah Wali Kota dan Bupati

Tjahjo: Risma Harus Diberi Kesempatan Jabat Dua Periode

Risma Ajak MUI Perhatikan Masalah Anak

Walikota Risma Rayakan Hari Perempuan di Ubaya

Mereka bertanya, "Ya Rasulullah, apakah kami berobat?" Beliau menjawab, "Ya, wahai hamba-hamba Allah. Sesungguhnya Allah meletakkan penyakit dan diletakkan pula penyembuhannya, kecuali satu penyakit yaitu penyakit ketuaan (pikun)".((HR. Ashabussunnah))

FOTO TERKAIT:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s