Maria sunarto's Blog

Just another WordPress.com weblog

Sedikit Mengenal Tentang Daya Tangkap Anak

Leave a comment


 

ditulis oleh : Sri ParyatiFriday, 16 October 2014

posting ulang by maryama abdul

Semangat ke sekolah |

"Kenapa Anak saya sudah berumur 6 tahun lebih, masih belum bisa mengenal hurufDan huruf dasar seperti A-I-U-E-O pun mereka tidak bisa mengenalinya. 
Ada apa dengan buah hatiku?".  Pada saat berkumpul bersama orangtua murid di tempat qiral belajar ada seorang ibu yang berkeluh kesah seperti itu. Perilaku anak sih wajar-wajar saja, tidak ada yang berbeda dengan anak yang lain. Akan tetapi daya tangkap si anak sedikit berbeda dengan daya tangkap anak yang lain. 
Pada saat guru pembimbing memberitahu satu huruf misalnya saja huruf ‘A’, dia akan mengetahuinya. Kemudian hanya selang guru memberi pujian kepadanya ” Wah…, kamu hebat”  dan huruf tersebut coba ditanyakan kembali, alhasil  si anak sudah lupa. 
Masing-masing anak memiliki daya tangkap yang tidak sama. Jika putra putri ayah bunda merupakan salah satu diantara mereka maka ayah bunda harus benar-benar memberikan perhatian yang ekstra. Menyadari sejak dini akan keadaan anak sangat diperlukan.  Orangtua harus benar-benar ekstra waktu dan sabar. Alangkah baiknya jika putra putri ibu memiliki daya tangkap yang tidak sama dengan yang lain maka disarankan untuk memasukkan mereka ke sekolah khusus.
Yang dimaksud sekolah khusus Disini adalah bukan sekolah umun yang memiliki murid banyak dan  hanya dipegang oleh satu guru. Carilah sebuah lembaga pendidikan yang sistem belajar nya seperti les private,yaitu satu murid dipegang satu guru pembimbing. Ini akan membuat anak benar-benar mendapat kan perhatian yang penuh dari guru pembimbing.
Selain itu pada saat berasa di rumah,orangtua khususnya mama yang memiliki waktu lebih banyak daripada ayah harus benar-benar tekun dan sabar dalam membimbing. Jangan pernah memaksa anak untuk melakukan apa yang menjadi keinginan mama.
Anak seperti ini memerlukan kesabaran yang ekstra besar.  Setiap anak dilahirkan sudah memiliki kepintaran masing-masing. Kita sebagai orangtua wajib untuk membimbing serta mengasah segala sesuatu yang ada di diri buah hati kita.

Semoga bermanfa

– See more at: http://blogmamaqiral.blogspot.com/2014/10/sedikit-mengenal-tentang-daya-tangkap.html#sthash.0IJ6Y9yX.dpuf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s