Maria sunarto's Blog

Just another WordPress.com weblog

Bus listrik canggih di jalanan Korea

Leave a comment


August 22, 2013

Bus listrik canggih di jalanan Korea

 

Perkembangan kendaraan hemat energi dengan menggunakan tenaga listrik masih terus dikembangkan. Baru-baru ini, pihak peneliti dari Korea memperkenalkan sebuah kendaraan bus bernama OLEV (Online Electric Vehicle) yang selain berdaya energi listrik, juga mampu untuk mengisi ulang tenaganya hanya dengan menyusuri jalanan yang menjadi rutenya.

OLEV yang dikembangkan oleh Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) merupakan kendaraan trem bertenaga listrik pertama yang mampu mengisi ulang daya listriknya selama bergerak. Sehingga kendaraan OLEV ini pun akan mampu menghemat energi lebih baik ketimbang kendaraan bertenaga listrik lainnya. Untuk bisa terus mengisi ulang energi selama berjalan, bus OLEV ini dilengkapi dengan teknologi Shaped Magnetic Field in Resonance (SMFIR). Teknologi ini memungkinkan kendaraan untuk menerima pengisian ulang tenaga listrik secara wireless melalui jalanan yang telah ditanamkan kabel khusus bermedan magnetik.

Dua buah kendaraan OLEV telah menguji coba di dalam rute kota antara Stasiun Gumi dan distrik In-dong dengan total perjalanan sejauh 24 km. Dan para pengembangnya mengatakan bahwa OLEV ini direncanakan akan ditaruh lebih banyak di beberapa titik jalanan Korea pada tahun 2015 mendatang. Semoga saja teknologi yang sama akan bisa kita dapatkan untuk digunakan dalam Tanah Air kita suatu saat nanti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s