Maria sunarto's Blog

Just another WordPress.com weblog

Kompensasi Euro 2012, Bayern Dapat Bayaran Terbesar

Leave a comment


Nyon – UEFA membayar uang kompensasi pada klub-klub yang pemainnya berlaga di Piala Eropa 2012. Mendapatkan tiga juta euro, Bayern Munich menjadi klub dengan jumlah kompensasi terbesar.
Bayern menjadi klub dengan jumlah uang kompenasasi terbesar dari UEFA karena mereka memang menjadi klub penyumbang pemain terbanyak sepanjang Piala Eropa 2012 lalu. Dengan ada 13 pemainnya berlaga di Polandia-Ukraina, FC Hollywood mendapat uang tiga juta euro atau sekitar Rp 36,6 miliar.
Sementara itu Real Madrid, Barcelona, Manchester City dan Juventus all berada di urutan kedua sampai kelima setelah keempatnya mengantongi lebih dari dua juta euro (Rp 24,4 miliar). Demikian diberitakan Soccernet.
Kompensasi tersebut, yang totalnya mencapai 100 juta euro (Rp 1,2 triliun), dialokasikan UEFA sejalan dengan MoU yang dicapai oleh Asosiasi Klub Eropa dengan UEFA di bulan Maret lalu. Ketika itu dicapai kesepakatan kalau klub akan mendapatkan kompensasi atas kontribusinya pada turnamen (Euro 2012) dan timnas.
Dari 100 juta euro yang disiapkan UEFA, 40 juta euro di antaranya dibagikan pada klub-klub yang pemainnya berlaga di babak kualifikasi. Sementara 60 juta euro sisanya diserahkan pada klub yang pemainnya sampai menjejak putaran final.
Untuk tahun 2012 ini, total ada 575 klub mendapat kompensasi pembayaran dari UEFA. Jumlah tersebut meningkat drastis dibanding empat tahun lalu di mana hanya 180 klub yang mendapatkannya.
"Saya puas kami mampu memberikan klub keuntungan finansial dari UEFA EURO 2012 sebagai hadiah atas kontribusi mereka pada turnamen," sahut Presiden UEFA, Michel Platini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s