Maria sunarto's Blog

Just another WordPress.com weblog

Tips Tidur di Mobil Saat Traveling/Pulangkampung

Leave a comment


Oleh: Afif Farhan – detikTravel

img

(dok. Thinkstock)

    Jakarta – Mobil menjadi pilihan favorit traveler untuk melakukan perjalanan. Selain menghemat waktu, mobil juga dapat dipakai sebagai tempat untuk beristirahat. Nah, baca dulu 5 tips ini jika ingin tidur di mobil saat traveling.
    Kebanyakan traveler menjadikan mobil sebagai transportasi favorit daripada transportasi lainnya. Kendaraan ini memang lebih efisien dan juga nyaman untuk digunakan. Anda bisa berhenti sesukanya untuk beristirahat atau melewati jalan-jalan yang relatif lebih sempit. Disusun detikTravel, Senin (6/8/2012), berikut 5 tips saat tidur di mobil.
    1. Jangan menyalakan AC
    AC memberikan kenyamanan saat di jalan. Udara yang dingin dan sejuk dari alat ini membuat Anda semakin menikmati perjalanan. Akan tetapi, jangan pernah memakai AC jika ingin tidur di dalam mobil.
    Hal ini akan sangat membahayakan Anda hingga menyebabkan kematian. Saat AC mobil nyala dan mobil dalam keadaan diam, sirkulasi udara antara oksigen dan karbonmonoksida tidak berjalan baik. Perputaran udara yang tidak baik tersebut menyebabkan Anda akan menghirup karbonmonoksida, gas yang berbahaya. Buka juga jendela Anda, agar udara berjalan dengan baik.
    2. Cari tempat aman
    Ada baiknya Anda mencari tempat pemberhentian yang aman untuk bermalam di mobil. Jangan berhenti di tengah hutan atau wilayah yang jauh dari keramaian.
    Rest area di tiap SPBU dapat menjadi tempat Anda untuk memberhentikan mobil. Pastikan juga Anda sudah mempelajari daerah tersebut dengan baik.
    3. Siapkan makanan dan minuman
    Makanan dan minuman berperan penting dalam kegiatan traveling. Dalam bermalam di mobil, baiknya Anda menyediakan makanan dan minuman.
    Hal ini akan memudahkan Anda untuk tidak keluar dari mobil dan makan dengan tenang. Selain itu, dengan menyiapkan makanan juga menghemat biaya pengeluaran Anda. Setelah makan, Anda bisa langsung beristirahat.
    4. Perhatikan rambu jalan
    Jangan sekali-kali menyepelekan rambu jalan, karena di dalamnya terdapat arahan dan peringatan yang jelas. Sebelum beristirahat, pastikan Anda telah membaca rambu-rambu jalan di sekitar Anda sebelum terlelap. Rambu-rambu jalan tersebut berisi seperti dilarang berhenti, dilarang parkir, dan masih banyak lagi.
    Jangan sampai saat Anda beristirahat, polisi datang menilang karena mobil Anda berhenti di dekat larangan parkir. Atau, kondisi jalan berbahaya ditandai dengan rambu tikungan tajam, rawan longsor, rawan licin dan lain-lain. Tentu Anda tak ingin istirahat Anda terganggu bukan?
    5. Regangkan badan usai beristirahat
    Setelah beristirahat, kini saatnya meregangkan otot. Melakukan pemanasan seperti menggerak-gerakan badan, akan membuat otot Anda kembali rileks dan tidak kaku.
    Hal ini akan menambah kenyamanan Anda dalam melanjutkan perjalanan. Luangkan sedikit waktu untuk peregangan otot untuk membuat badan segar kembali

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s