Maria sunarto's Blog

Just another WordPress.com weblog

,Cara Mengajak Anak Berpuasa Sejak Dini

1 Comment


Cara Mengajak Anak Berpuasa Sejak Dini  

Cara Mengajak Anak Berpuasa Sejak Dini 

TEMPO.CO, Jakarta – Setiap orang tua pasti ingin mendidik anak-anaknya menjadi anak yang taat beribadah. Mengajarkan anak-anak untuk berpuasa harus dimulai sejak dini agar mereka terbiasa ketika nanti mereka menginjak usia remaja atau dewasa.

Namun ternyata, mengajarkan anak berpuasa sejak masih kecil tidak mudah. Anak-anak yang tidak tahan lapar biasanya tidak bisa melakukan puasa selama sehari penuh. Ada orang tua yang membiarkan dan menunggu hingga anak-anak itu siap dengan sendirinya, dan ada pula orang tua yang bersedia repot-repot melakukan sejumlah cara untuk membujuk.

Psikolog Widya Prastya menganjurkan beberapa cara yang bisa dilakukan para orang tua untuk membujuk anak-anaknya berpuasa. Menurut Widya, anak-anak di usia yang masih sangat belia memang masih sangat susah untuk dibujuk agar ikut berpuasa bersama orang tua. Kesulitan utama adalah mereka susah untuk dibangunkan pada saat sahur.

Ia menganjurkan para orang tua menciptakan suasana puasa menjadi suasana yang menggembirakan. Misalnya dengan memberikan sejumlah penghargaan kepada anak-anak mereka yang sudah bisa berpuasa. »Dengan demikian, mereka akan merasa dihargai dan akan menjalankan puasa dengan semangat,” kata Widya.

Beberapa penghargaan yang bisa diberikan, menurut dia, adalah dengan memberikan pin tanda bintang atau senyum kepada anak-anak yang bisa berpuasa. Tanda-tanda itu dikumpulkan menjadi poin yang bisa  ditukar dengan sebuah barang, sesuai dengan jumlah p

image

One thought on “,Cara Mengajak Anak Berpuasa Sejak Dini

  1. Pingback: Masa Orientasi, BSI Hadirkan Motivator | lazionews.info

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s