Maria sunarto's Blog

Just another WordPress.com weblog

SPANYOL SANG JUARA EURO 2012

Leave a comment


Selain Juara, Spanyol Juga Sapu Bersih Gelar Individu

Kiev, 02/7 (Kanalbola/MSN) – Tim Nasional (Timnas) Spanyol benar-benar fantastis. Kemenangan yang diraih tim berjuluk La Furia Roja sangat sempurna. Selain mengukir sejarah baru di benua Biru dengan merengkuh Piala Dunia 2010 dan dua kali berturut-turut mengangkat trofi Euro 2012 dan 2008, Spanyol juga memenangkan perburuan gelar individu.

Skuat Vicente Del Bosque mematahkan perlawan Italia 4-0 di partai final yang digelar di Olympic Stadium Kiev, Ukraina, Senin (2/7) dini hari WIB. Keempat gol ini dicetak masing-masing David Silva di menit 14, Jordi Alba di menit 41, Fernando Torres menit 84 dan Juan Matta pada menit 88.

Selain Matador -julukan lain Spanyol- menjadi juara, Sergio Ramos dan Fernando Torres juga merah gelar indvidu. Ramos dinobatkan sebagai pemain terbaik Euro 2012. Sedangkan Torres ditetapkan sebagai pencetak gol terbanyak dengan mengoleksi tiga gol.

Ramos ditetapkan menjadi pemain terbaik berdasarkan rating tertinggi yang diperoleh dari Castrol Edge Index yang dirilis UEFA. Pemain Real Madrid itu memperoleh rating tertinggi dari pemainnya dengan 9,68. Ia mengalahkan perolehan index tertinggi yang sebelumnya dipegang Cristiano Ronaldo dengan rating 9,61 hingga laga Final.

Usai memenangkan laga final, rating Ramos langsung menyodok ke urutan pertama. Ratingnya melompat tujuh tingkat yang sebelumnya hanya berada di urutan kedelapan Castrol Index.

Proses penilaian Castrol Index ini dilakukan dengan menggunakan teknologi dengan cara menghitung seberapa besar impact yang diberikan pemain bagi timnya. Setiap passing, tembakan, penyelamatan hingga tackle tercatat rapi dalam teknologi Castrol Index. Angka dari Castrol Index tersebut dihitung berdasarkan akumulasi keseluruhan nilai dan kemudian ditentukan rating bagi pemain di tiap pertandingan.

Selain Ramos, Spanyol juga menempatkan enam pemainnya yang masuk dalam daftar 10 pemain terbaik Castrol Index. Mereka adalah Gerard Pique di urutan ketiga, Xabi Alonso (4), Andres Iniesta (5), Jordi Alba (6), Alvaro Arbeloa (7) dan Sergio Busquets (9). Sementara Finalis Euro 2012, Italia hanya menempatkan satu pemain saja di 10 besar yaitu Claudio Marchisio di nomor 10.

Sementara Torres ditetapkan sebagai pencetak gol terbanyak setelah menorehkan tiga gol selama turnamen berlangsung.
Bomber Chelsea itu menyisihkan Mario Gomez (Jerman), Alan Dzagoev (Rusia), Mario Mandzukic (Kroasia), Mario Balotelli (Italia), dan Cristiano Ronaldo (Portugal) yang sama-sama mencetak tiga gol.

Torrets terpilih sebagai peraih sepatu emas karena bermain dengan jumlah menit paling sedikit dibanding pencetak tiga gol lainnya. Ia dianggap lebih tajam karena hanya bermain selama 189 menit, waktu yang lebih singkat tetapi bisa mencetak tiga gol. Sementara kelima pencetak tiga gol lainnya bermain lebih lama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s