Maria sunarto's Blog

Just another WordPress.com weblog

Sabtu ini, titik hitam matahari ganggu jaringan komunikasi bumi?

Leave a comment


 


Sabtu ini, titik hitam matahari ganggu jaringan komunikasi bumi?

Ilustrasi (© Dlib.org)

KATEGORI
Teknologi
Sains

Reporter: Dwi Andi Susanto

Diperkirakan pada sabtu depan ini (12/05), Giant Sunspot akan membawa awan dan sejumlah partikel ke bumi. Walaupun kemungkinan akan menggangu sinyal jaringan telekomunikasi, namun fenomena matahari ini juga akan membawa melahirkan aurora  di bumi belahan utara.
Menurut En.Wikipedia.org, sunspot adalah suatu fenomena yang terjadi di photosphere di matahari yang terlihat seperti bintik hitam ditengah-tengah yang sangat kontras dengan warna permukaan matahari. Sunpot ini disebabkan oleh aktifitas magnetik yang ada di permukaan matahari.
Menurut berita yang ditulis di Cnet.com, pada hari sabtu depan, puncak Sunspot matahari akan muncul dan terlihat jelas dari bumi tanpa harus menggunakan teleskop atau peralatan lainnya. Sunspot ini memiliki ukuran 11 kali lebih besar dari permukaan bumi.
Sebenarnya, gejala Sunspot ini sudah terdeteksi oleh NASA Solar Dynamics Observatory pada hari Sabtu lalu (05/05), menurut Nasa.gov. Sunspot ini mengandung tujuh M-Class flare dan beberapa C-Class flare. Para pakar belum dapat memastikan bahwa flare atau lidah api matahari ini juga akan membawa Coronal Mass Ejections (CME) ke bumi atau tidak.
CME adalah hembusan angin yang muncul dari permukaan matahari dan mengandung jutaan radiasi elektromagnetik. Tidak hanya mengandung electrons dan protons dalam jumlah besar, CME juga mengandung beberapa elemen lain seperti helium, oksigen, besi, dan beberapa elemen berat lainnya.
Astronom menamakan Sunspot yang kemungkinan akan memulai ‘atraksinya’ pada hari Sabtu mendatang ini dengan nama AR 1476 atau Monster Sunspot. Para ilmuwan menyarankan untuk tidak secara langsung melihat Sunspot ini walaupun pada sore hari, matahari akan terlihat sangat terang dan dapat dilihat secara langsung. Menurut para pakar, dengan melihat Sunspot secara langsung akan mengakibatkan kerusakan permanen pada mata.
Seperti yang diulas oleh Space.com, M-Clas flare dan C-Class flare ini lebih kuat dan berbahaya daripada X-Class flare. Sejak tahun 2005 lalu, matahari tidak menunjukkan gejala yang begitu menakutkan, namun apabila prediksi para pakar bahwa Sunspot akan ‘menggila’ pada hari Sabtu depan, maka bisa dikatakan bahwa hari itu adalah hari pertama matahari ‘menggeliat dari tidurnya’ setelah lama tertidur.
Banyak pakar mengatakan bahwa kemungkinan pada tahun 2013 depan, matahari akan kembali menunjukkan aktifitas 11 tahun sekali atau yang biasa disebut dengan Solar Cycle 24. Menurut Spaceweather.com, pada pertengahan tahun 2013 mendatang, akan muncul kurang lebih 59 Sunspot di permukaan matahari. Apabila satu Sunspot saja bisa menggangu jalur komunikasi di bumi, apa yang akan terjadi apabila 59 Sunspot muncul secara bersamaan?

sunspot

sunspot

Keterangan: Sunspot (AR 1476) diambil dari Binondo, Manila, Filipina

(All Pictures Credit: Alberto Lao/Spaceweather.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s