Maria sunarto's Blog

Just another WordPress.com weblog

Olahraga Picu Perubahan DNA Manusia

Leave a comment


Ghiboo.com – Selama ini rekayasa genetika dilakukan untuk menjadi cara memanipulasi gen dalam tubuh. Namun, peneliti telah menemukan cara lain untuk mengubah susunan DNA manusia.

Peneliti dari Karolinska Institute di Stockholm menjelaskan bahwa hanya dengan berolahraga selama 20 menit, maka bisa memicu perubahan DNA dalam gen-gen di sistem metabolisme.

Penelitian yang dipimpin oleh Juleen Zierath melakukan penelitian terhadap 14 remaja dan meminta mereka melakukan olahraga dengan sepeda untuk mengukur tingkat aktivitas maksimum mereka. Peneliti juga mengambil sedikit sampel otot (dari paha partisipan) sebelum dan setelah melakukan olahraga selama 20 menit.

Menggunakan sampel otot tersebut, peneliti membandingkan otot sebelum dan setelah berolahraga. Gen lebih banyak diaktifkan pada sel-sel setelah berolahraga dan DNA partisipan menunjukkan bahwa adanya jumlah grup metil yang berkurang.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Cell Metabolism edisi Maret menunjukkan bahwa melakukan olahraga dapat mengubah kimia dalam gen sel otot, dan terjadi peningkatan gen yang berkaitan dengan ekspresi. Sehingga, olahraga membantu menghidupkan gen tersebut.

Seperti dilansir melalui Time, Kamis (8/3), penelitian ini juga menunjukkan bahwa kafein dalam kopi yang diminum setiap pagi juga turut andil dalam perubahan DNA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s