Maria sunarto's Blog

Just another WordPress.com weblog

Alasan Lulu Tobing Kembali Berakting

Leave a comment


 

Lulu Tobing

Alasan Lulu Tobing Kembali Berakting
Lulu Tobing

+

KapanLagi.com
Oleh: Puput Puji Lestari

Lama tak nampak baik di layar lebar maupun di layar kaca, film NEGERI 5 MENARA menjadi pilihan bagi Lulu Tobing untuk unjuk kemampuan. Bukan perkara mudah bagi tim film untuk membujuknya kembali berakting dan mendampingi Lulu untuk ‘melemaskan’ kembali kemampuan akting Lulu juga menjadi pekerjaan rumah pemain dan kru film ini.

Berperan sebagai Amak, Lulu ditantang untuk mahir bicara bahasa Minang. Yang tak terlupakan bagi Lulu, hari pertama di depan kamera lagi Lulu harus menjadi Amak yang tegar melepas anaknya belajar ke Pulau Jawa. Apa alasan Lulu kembali dan memilih film NEGERI 5 MENARA? Simak perbincangan kami di Djakarta Theatre, (21/02/2012).

  • Film adalah?
    Film tempat di mana aku bisa berakting, akting adalah dunia yang aku suka.
  • Film favorit?
    Nggak ada. Saya pecinta film, rajin nonton film tapi nggak pernah jadi referensi buat akting saya sendiri.
  • Orang yang paling berpengaruh dalam mengambil keputusan kembali akting?
    3 orang, yang penting Sakti yang nguber-nguber ikut main NEGERI 5 MENARA. Ibu Atice yang ngajarin aku bahasa Minang sebelum casting. Etek Asmarita itu guru private yang ngajarin aku dialek Minang sebelum syuting dimulai. Dan semua kru film tentunya.
  • Kenapa mau terima tawaran film lagi?
    Karena yakin bisa pasti bagus sih. Setelah baca novelnya saya yakin ini saat yang tepat untuk kembali berakting.
  • Gugup nggak?
    Nervous pasti. Belum ada bayangan lagi tentang syuting pas ngejalanin awal syuting. Bisa ngelewatin gugupnya karena David, Gaza, dan Fandy, mereka yang ngajak bercanda terus. Mungkin karena ngeliat aku nervous.

  • Scene paling sulit?
    Hari pertama pas Amak melepaskan Alif ke pesantren, itu scene emosional tapi diambil di waktu awal.
  • Pandangan soal pesantren?
    Aku nggak pernah nyangka akan main di film tentang pesantren, aku bebas-bebas aja selagi tawaran punya nilai bagus. Bayangan aku pesantren itu tentang doktrin-doktrin kehidupan terkungkung yang selalu belajar tentang agama. Setelah main pemikiran saya berubah, ternyata pesantren tidak seperti yang orang pikir. Di pesantren lebih disiplin, diajari supaya bermanfaat bagi orang begitu keluar pesantren.
  • Yang terbayang dari NEGERI 5 MENARA?
    Semangat yang luar biasa, dari novelnya saja begitu saya baca emosi sudah naik turun. Energi saya dibakar. Itu yang saya rasain, saya berharap supaya bisa menular ke penonton.
  • Pesan moral?
    Setiap film pasti ada pesan-pesannya. Di sini membakar semangat kalau punya impian jangan cuma digantung, harus dikejar. Di kehidupan sehari-hari kadang kita lupa.
  • Impian Lulu sendiri yang belum terwujud?
    Saya orang yang nggak punya obsesi, apa yang ada sekarang syukuri, nikmati, dan jalani sungguh-sungguh.
  • Jadi lebih mendalami agama?
    Banyak kejadian yang membuat orang belajar, bukan soal agama saja tapi juga keikhlasan menjalani sesuatu. Sering kita lupa mengapa surga di telapak kaki ibu, film ini pengingat yang santun.

    Ada scene Alif yang setelah belajar keikhlasan untuk menerima keputusan Ibunya lalu menulis surat itu paling kentara. Dan Ibunya jadi lebih ikhlas juga saat membiarkan Alif mengejar impian di luar pesantren. Langkah mereka jadi ringan setelah sama-sama ikhlas. Buat aku, film ini lebih mengajarkan keikhlasan.

  • Adegan yang bikin penasaran?
    Semua lah, karena lama nggak akting.
  • Kenangan syuting?
    Aku orangnya suka traveling, jadi kesempatan untuk bisa datang ke Maninjau diundang oleh film ini adalah sesuatu yang luar biasa. Mengerjakan sesuatu yang aku suka, main film dan bisa traveling adalah suatu bonus. Dan bertemu dengan temen-temen kerja yang baru dan menyenangkan. Kesannya nggak kerja tapi rekreasi dengan temen-temen baru. (kpl/uji/nat)

Leave a Reply

