Maria sunarto's Blog

Just another WordPress.com weblog

Triops, Spesies Hewan Purba yang Belum Punah

Leave a comment


 

Apa itu Triops?

Mereka adalah binatang sejenis udang yang hidup di air tawar dan lahir dari telur-telur kecil, triops kadang-kadang di sebut sebagai udang kecebong atau udang perisai. Mereka biasa hidup di kolam atau genangan berair tawar dan tempat-tempat lain yang cukup tinggi datarannya, bisa di bilang triops adalah fosil yang hidup (spesiesnya sudah bertahan sekitar 200-350juta tahun yang lalu). ‘Triops’ adalah kata yang berasal dari greek yang berarti ‘Tiga Mata’. Mereka diklasifikasikan sebagai ‘crustacean’ (binatang air yang berkulit keras). Walaupun triops terlihat seperti trilobite, triops bukanlah bagian dari trilobites. Rata-rata hidup Triops Longicaudatus adalah 1-3 bulan, tapi kalau di rawat baik-baik usia Triops Longicaudatus bisa mencapai 3 bulan dan panjang tubuh triops bisa mencapai 5cm

Pertumbuhan Triops Longicaudatus:
Triops telah menetas dari telur.


3 Jam kemudian setelah menetas, batang tubuh Triops mulai terbentuk.

Setelah 7 jam.

15 Jam kemudian, Triops mulai menunjukan tanda-tanda tahap kedewasaannya,

24 Jam setelah menetas, Triops sudah sangat mendekati tahap kedewasaan,

Setelah 48 jam, Triops sudah mencapai tahap dewasa (struktur tubuh tidak berubah lagi hanya makin membesar dan memanjang saja triopsnya)

Triops Dewasa

Struktur tubuh Triops Longicaudatus:

 

Warna tubuh triops biasa berwarna hijau,abu-abu,kuning,kecoklatan (lihat gambar) dan uniknya triops adalah: triops perempuan bisa memproduksi telur tanpa bantuan seksual dari triops lelaki. Triops terdiri dari Carapace, insang yang terletak di kaki dan buntut yang bersegmen. Rata-rata ukuran Triops Longicaudatus adalah 5cm, triops memiliki buntut dengan cabang dua. Walaupun triops memiliki 3 mata tapi triops tidak bisa melihat jarak jauh, triops memiliki suatu organ di kakinya yang berfungsi seperti antena untuk mendeteksi mangsanya. Triops perempuan mempunyai kantung telur di kakinya yang di urutan ke sebelas.
Perbedaan antara kelamin Triops Longicaudatus:

 

triops perempuan berwarna hijau,kecoklatan dan sedangkan yang laki-laki warnanya bisa dibilang hampir seluruhnya hijau. Triops laki-laki lebih susah ditemui di banding triops perempuan ratio perbandingan Triops laki-laki lahir di banding Triops perempuan adalah 1:100.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s