Maria sunarto's Blog

Just another WordPress.com weblog

Queen Mary II Selundupkan Imigran Ilegal ke AS

Leave a comment


Kamis, 12 Mei 2011  ] e-forwards.com

Queen Mary II Selundupkan Imigran Ilegal ke AS

Kapal pesiar mewah, Queen Mary II.

TERKAIT :

Langar Aturan, Imigrasi Batam Usir 30 WNA

Melonjak, Imigran Gelap Tujuan Australia Lewat NTT

Yunani akan Bangun Pagar Anti-Migran di Perbatasan

Evakuasi Imigran Gelap yang Terdampar, Polisi Siapkan 3 Bus

Rudenim Tanjungpinang Pulangkan 6 Nelayan Viet

Kamis, 12 Mei 2011

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK – Petugas imigrasi dan bea cukai AS dikejutkan oleh upaya penyelundupan sembilan orang warga Cina dengan menggunakan kapal pesiar mewah Queen Mary 2.
Peristiwa langka itu terjadi ketika kapal pesiar itu berlabuh di pelabuhan New York, 26 April lalu. Saat itu Fat Kwee Wong, seorang pria asal Malaysia turun dari kapal bersama sembilan orang imigran asal Cina. Kesembilan orang itu membawa paspor Jepang, namun tidak sedikit pun dari mereka yang mampu berbahasa Jepang.
Petugas yang curiga segera mengamankan mereka guna dimintai keterangan lebih jauh. Apa yang mereka lakukan memang cukup berani dan langka karena belum pernah ada imigran asing yang datang dengan menggunakan kapal pesiar mewah, berpenampilan bagaikan orang berkocek tebal. ”Kami belum pernah melihat pemandangan ini sebelumnya karena biayanya mahal. Butuh dana yang besar untuk bisa bepergian dengan kapal ini,” kata John Saleh, seorang petugas bea Cuka dan Imigrasi AS.
Saleh curiga bila strategi mereka berhasil, langkah itu akan kembali diulangi. kepada petugas, Wong mengakui dirinya dibayar 3500 dolar AS per orang untuk memasukkan lima orang wanita dan empat pria ke wilayah AS. Kesembilan orang itu menjadi penumpang kapal saat berlabuh di Dubai.
Pihak pengelola kapal, Cunard Line mengakui peristiwa itu sama sekali tidak disangka. ”Bagi perusahaan ini peristiwa yang baru pertama kali terjadi,” kata jackie Chase, Manajer Humas perusahaan tersebut.
Nama mereka telah tercantum dalam daftar calon penumpang kapal sehingga mereka berhak masuk ke dalam kapal yang memiliki fasilitas mewah tersebut. Para imigran Cina itu kini meringkuk sebagai tahanan di kantor imigrasi sambil menanti proses pemulangan mereka.

Reporter: Hiru Muhammad

Sumber: Reuter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s